Search
  • FoodCycle Indonesia

Sambut Hari Pangan Sedunia, FoodCycle Kampanyekan Isu Food Waste

FoodCycle Indonesia menyelenggarakan webinar dengan tema “How Foodbanks Save Cost, Reduce Waste, and Fight Hunger".


FoodCycle Indonesia mengadakan webinar dengan tema “How Foodbanks Save Cost, Reduce Waste, and Fight Hunger” dalam rangka menyambut Hari Pangan Dunia pada Jum’at 9/10/2020.


Webinar ditujukan kepada perusahaan-perusahaan dari industri makanan dan pertanian, dengan maksud untuk mengkampanyekan isu sampah makanan (food waste) dalam industri pangan, terutama dalam kondisi genting seperti pandemi COVID-19.


Hadir selaku pembicara ahli pangan dari IPB Univesity, Prof. Dr. Purwiyatno Hariyadi, MSc., CFS., yang juga Wakil Ketua dari CODEX Alimentarius Commission, sebuah lembaga dibawah badan pangan PBB (FAO).


Purwiyatno menuturkan bahwa permasalahan sampah makanan terjadi di Indonesia karena kurangnya infrastruktur dan teknologi pendukung.


“Indonesia dilaporkan kehilangan produk holtikultura ini mencapai 40-60 persen yang diakibatkan karena penanganan pascapanen yang terbatas teknologinya,” tutur Purwiyatno.


Pembicara selanjutnya adalah Douglas L. O’Brien, selaku Vice President Programs at The Global FoodBanking Network. Douglas berpengalaman puluhan tahun dalam organisasi bank makanan (foodbank), lembaga nirlaba yang fokus menjembatani permasalahan sampah makanan dan kelaparan.


Selain dihadiri oleh 2 pakar tadi, hadir juga Suryadi Nagawiguna selaku Advisor di FoodCycle. Suryadi yang berpengalaman puluhan tahun dalam dunia supply chain management di berbagai industri, menjelaskan bagaimana sampah makanan terjadi tidak hanya dari sampah rumah tangga. Sampah makanan juga terjadi di berbagai level rantai pasok yang ada di industri makanan.


Astrid Paramita selaku Co-founder dari FoodCycle juga menjadi pembicara, mengangkat kisah perjalanan FoodCycle yang bermula dari sebuah virtual foodbank yang mengelola makanan sisa dari berbagai pesta pernikahan. Hingga kini FoodCycle hadir menjawab tantangan sampah makanan yang terjadi dan memberikan kesempatan untuk orang-orang di luar sana terbantu dan mendapatkan jaminan pangan.


Webinar ditutup dengan testimoni dari Angelique Dewi selaku Head of Corporate Communication Nutrifood dan Marcella Laibahas selaku GM HR of PT. Mustika Citra Rasa (Holland Bakery).


Keduanya menceritakan kisah awal mula bekerjasama dengan FoodCycle hingga sekarang. Bekerjasama dengan FooCycle dinilai turut andil memerangi sampah makanan secara signifikan, juga turut menekan biaya ekstra yang di akibatkan oleh sampah makanan.


Harapannya melalui webinar ini FoodCycle dapat memberikan kesadaran yang lebih luas tentang isu food waste dan food loss. Sehingga bahu-membahu untuk mengurangi angka kelaparan dan dapat melihat Indonesia yang lebih baik.


#foodcycle #worldfoodday




0 comments

FoodCycle Hub

Ruko Petersburg - Gading Serpong. Jl Kelapa Puan Raya Blok AE1 No 5 

Bank Account

Yayasan Daur Pangan Nusantara

BCA - 5255800911

Follow us

  • Facebook
  • Instagram
  • LinkedIn
  • YouTube

© Copyright 2021 FoodCycle Indonesia