Search

Gelar Pangan Nasional 2022: FoodCycle Indonesia Ajak Semua Pihak Berkolaborasi



FoodCycle Indonesia Hadiri Gelar Pangan Nasional 2022


Dalam rangka acara Hari Pangan Dunia 2022 kali ini Badan Pangan Nasional (BAPANAS) menggelar Pelaksanaan Expo Gelar Pangan Nasional yang digelar selama tiga hari dari tanggal 22-23 Oktober 2022, di Universitas Brawijaya, Malang.


Kegiatan tersebut menggelar berbagai acara seperti Expo Pangan yang menyediaan berbagai komoditas pangan dengan harga murah, Simposium Pangan dan Gizi, Talkshow, Festival Café Kreasi Pangan Lokal, Cooking Demo Kreasi Menu B2SA, Business Matching, Coaching Clinic, Lomba Poster bertema Hari Pangan Sedunia, Lomba Menggambar bertema Pangan Lokal untuk siswa SDm dan SMP, dan aneka hiburan. Acara bersifat gratis dan terbuka untuk publik.


Secara lebih rinci, pada Jumat (21/10/2022) akan dimulai dengan simposium pangan dan gizi yang bertema "Sinergi Kebijakan dan Strategi Tata Kelola Pangan Berkelanjutan" yang akan bertempat Auditorium Algoritma Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Dalam diskusi menarik itu, akan menampilkan narasumber dari berbagai kalangan dari akademisi, pengusaha BUMN, hingga pemerintah daerah (pemda).


Pada hari selanjutnya, Sabtu (22/10/2022) diawali dengan kegiatan talkshow yang bertema "cegah food waste untuk antisipasi krisis pangan". Kegiatan itu akan digelar di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya dengan menampilkan banyak narasumber dan artis ibu kota terkemuka.


Di hari yang bersamaan, ada kegiatan Bussiness Matching dengan tema "Kerja sama Mengembangkan Usaha Pangan". kegiatan itu akan dipertemukan dengan perusahaan-perusahaan besar yang bergerak dalam industry pangan maupun perbankan. Sehingga, peluang kolaborasi antara pelaku usaha pangan dan perusahaan besar yang hadir akan terbuka semakin lebar ke depan. Ada juga free merchandise menarik yakni e-money card yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan.


Pada hari ketiga, Minggu (23/10/2022) terdapat kegiatan cooking demo yang dilakukan oleh Celebrity Chef Ragil. Pada kegiatan itu, Ragil akan mengolah makanan berkonsep pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA). Jenis olahan makanan itu, sangat dianjurkan dikonsumsi masyarakat dalam keseharian. Karena, memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi tubuh bila dikonsumsi secara teratur.


Tak ketinggalan, dalam acara tersebut juga diselenggarakan expo pangan yang dimulai dari 22-24 Oktober 2022 di Gedung Samantha Krida, Universitas Brawijaya. Dalam kegiatan itu, mempertunjukkan produk pangan lokal berkualitas, produk pangan dengan harga terjangkau, dan teknologi canggih pengelolaan pangan.


Semua yang disajikan dalam Expo Pangan merupakan produk dari pelaku usaha lokal yakni Gapoktan, Poktan, pelaku usaha pangan, UMKM pangan, BUMN Pangan, BUMD Pangan, Perumda, Distributor Pengolahan Teknologi Pangan, Dinas ketahanan pangan provinsi.


Hadir sebagai salah satu narasumber, Cogito Ergo Sumadi selaku General Manager FoodCycle Indonesia untuk mewakili organisasi bank makanan, dalam talkshow bertema “Cegah Food Waste, Antisipasi Krisis Pangan” yang juga dihadiri perwakilan dari Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Timur. Hadir Nyoto Suwignyo sebagai Deputi Bidang Kerawanan Pangan dan Gizi Badan Pangan Nasional. Acara juga dimeriahkan oleh kehadiran kontek kreator asal Malang, Bayu Skak.


Dalam paparannya Cogito menjelaskan peran FoodCycle Indonesia sebagai bank makanan yang terus bergerak melayani mereka yang kekurangan akan akses pangan yang layak. Tak ketinggalan ia menyebutkan bahwa sinergi antara pegiat bank makanan, swasta, dan pemerintahan dibutuhkan unntuk menjembatani upaya-upaya melawan food waste dan kelaparan yang selama ini sudah berjalan.


“Saya harap semua dapat mengambil bagian dalam gerakan ini, baik dari pemerintah, pegiat bank makanan, teman-teman di perhotelan dan perusahaan. Jika kita betul-betul merindukan Indonesia yang terbebas dari kelaparan, semuanya harus ikut serta dengan berkolaborasi bukan berkompetisi.” Tutupnya

Anda bisa menonton rekaman dari keseluruhan acara Talkshow tersebut pada kanal Youtube Badan Pangan Nasional.





0 comments