021-8191088 - WA: 0878 1944 7100

Office: Jl. Kh. Ahmad Dahlan No. 9A,  Palmeriam, Matraman, Jakarta Timur

Bank Account: Yayasan Daur Pangan Nusantara - BCA - 5255800911

FOODCYCLE INDONESIA

  • FoodCycle Indonesia

Food Cycle Indonesia X Second Chance Initiative: Secercah Harapan Untuk Kaum Pengungsi Somalia

Siang itu, Nina (bukan nama sebenarnya) menerima kabar dari Food Cycle Indonesia bahwa kiriman roti akan datang sejumlah 150 buah. Dengan gembira. Nina menunggu kedatangan roti di lokasi penampungan di Kalibata. Nina akan membagikan roti-roti itu kepada komunitas pengungsi Somalia. Penghuni anak-anak yang berjumlah 20 orang sudah menunggu dengan tidak sabar akan kedatangan roti dan kue yang menambah jatah makanan mereka.

Selain 20 anak panti asuhan, terdapat total 290 pengungsi yang tersebar di berbagai wilayah di Jakarta (Ciputat, Tebet, Manggarai, Petamburan, dan Pasar Minggu). Mereka berasal dari berbagai negara, di antaranya Etiopia, Somalia , Yemen dan Ertheria. Secara rutin teman-teman Nina mendapatkan suplai roti dan kue-kue dari toko roti yang bekerja sama dengan Food Cycle Indonesia. Pengungsi-pengungsi ini ditampung oleh Second Chance Initiative Indonesia, yang memiliki fokus utama dalam bidang pendidikan dan pembangunan komunitas masyarakat marjinal. Dengan membangun lingkungan yang aman dan sehat, Second Chance Initiative Indonesia berharap agar anak-anak sebagai tumpuan harapan masa depan dapat tumbuh semaksimal mungkin. Layanan berupa pemeriksaan kesehatan, pelatihan tentang narkoba, HIV dan alcohol dan penjualan baju murah adalah beberapa contoh dari program yang dijalankan.

Tamara Gondo, salah satu pendiri Second Chance Initiative Indonesia yang juga merupakan finalis Miss Indonesia 2019 dari Jawa Timur, menyatakan bahwa sejak mendapatkan bantuan dari Food Cycle Indonesia, para pengungsi mendapatkan makanan secara rutin. Hal ini kemudian berdampak positif terhadap perbaikan nutrisi untuk ibu dan anak. Tamara juga menambahkan bahwa pengungsi banyak yang merasakan kehilangan harapan sejak terpaksa harus meninggalkan negara asalnya. Kondisi kelaparan dan perasaan akan masa depan yang tidak menentu juga mempengaruhi psikologis para pengungsi. Dengan mendapatkan makanan rutin setiap harinya, paling tidak salah satu masalah, yaitu kelaparan sudah terpecahkan sehingga mereka bisa lebih berkonsentrasi dalam menata kembali kehidupannya.

Harapan Second Chance Initiative ke depannya adalah membuat perencanaan untuk membantu kasus-kasus yang dialami para pengungsi. Tamara Gondo berharap agar kerjasama dengan Food Cycle Indonesia dapat terus berjalan sebagai salah satu sarana untuk memberikan harapan bagi pengungsi-pengungsi ini.

26 views